Ingin Masuk Akademi Polisi? Perhatikan Hal Berikut

Tes Polisi

Lolos seleksi Akademi Kepolisian merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Bukan hanya sulit, proses seleksi juga sangat panjang dan berbelit. selain harus lulus tingkat daerah nantinya harus lulus pada tingkatan pusat.

Setiap tahunnya ada kurang lebih 10 ribu peserta lulusan SMA/sederajat telah mengikuti

seleksi ini. Itulah yang membuat seleksi masuk Akademi Kepolisian menjadi salah satu seleksi tersulit.  Lantas bagaimana agar kita bisa diterima atau mampu bersaing menjadi anggota

Akademi Kepolisian (AKPOL)? Simak artikel berikut bagi Anda yang ingin tahu!

Berlatih Tes TPA

Anda perlu tahu dalam seleksi tingkat daerah tes psikologi atau yang dikenal dengan tes psi dilakukan secara tertulis, dengan mengerjakan serangkaian soal psikotes/TPA. Untuk lulus pada tahap ini Anda harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal psikotes baik yang kalian dapatkan di toko buku atau lebih baik sekali soal-soal psikotes Akademi Kepolisian (AKPOL) tahun sebelumnya karena materi psikotes tidak akan jauh berbeda dengan yang lainnya.

Selanjutnya, dalam seleksi tingkat pusat apabila kalian lulus tingkat daerah, tes psikologi/kejiwaan akan dilakukan dengan wawancara. Tetapi admin sarankan jangan banyak terlalu memikirkan tes pusat ini. Langkah awal yang harus kalian lakukan adalah lulus tingkat daerah terlebih dahulu.

Latihan Fisik

Bukan rahasia lagi apabila salah satu seleksi Akademi Kepolisian atau AKPOL menerapkan seleksi yang sama dalam sistem militer, maka dari itu kalian juga harus melatih fisik kalian sebelum mendaftar ke AKPOL. Tujuan dari latihan ini tentunya membantu Anda dalam tes kemampuan fisik. Untuk permulaan, Anda bisa dengan melakukan latihan rutin seperti lari, angkat beban, push up, sit up, pull up, dan renang. Ini diperlukan, karena selain diharapkan mempunyai kecerdasan para calon perwira juga diharapkan memiliki kemampuan fisik yang prima.

Selesaikan Ujian Medis

Selain penilaian kemampuan fisik, Anda mungkin akan diperiksa oleh dokter untuk memastikan Anda bugar dan cukup sehat untuk melakukan pekerjaan itu. Berbeda dengan penilaian kebugaran, penilaian medis memastikan tubuh, jantung, dan paru-paru Anda siap untuk tugas tersebut.

Pemeriksaan mata terpisah untuk memeriksa persepsi minus/plus, buta warna, dan penglihatan keseluruhan juga umum.

Memiliki Gelar adalah Nilai Tambahan

Perlu Anda ketahui bahwa pendidikan sangat penting dalam level perekrutan. Perwira (atau siapa pun, dalam karier apa pun) dengan gelar yang lebih tinggi memiliki nilai tambahan dibandingkan dengan pesaing lainnya. Dalam studi profesional, terbukti bahwa individu dengan gelar sarjana memiliki peluang lebih baik untuk dipromosikan, menerima peluang lebih besar untuk peningkatan keterampilan dan pelatihan kepemimpinan, dan cenderung maju dalam karir mereka pada tingkat yang lebih cepat daripada mereka yang tidak memiliki gelar.

Selain mempersiapkan tugas khusus yang akan mereka hadapi di tempat kerja, banyak program gelar menawarkan kursus tambahan yang akan menguntungkan polisi di lapangan. Contoh nilai tambahan lainnya adalah kursus bahasa asing. Petugas polisi yang dapat berkomunikasi dalam bahasa asing memiliki nilai tambahan bagi kepolisian, karena mereka dapat menjelaskan prosedur hukum, memperoleh informasi selama penyidikan, atau menghibur para korban kejahatan yang berasal dari luar tanah air.

Selain itu, pelatihan akademis juga memberikan berbagai peluang bagi calon perwira polisi untuk mengembangkan soft skill yang sama pentingnya dalam mengejar karir di bidang penegakan hukum. Soft skill, umumnya meliputi kecerdasan emosional individu, seperti: komunikasi lisan dan tertulis, kerja tim dan kolaborasi, kemampuan beradaptasi dengan tempat kerja dan komunitas, hubungan interpersonal, dan resolusi konflik.

Kesimpulan

Untuk dapat lolos Akademi Kepolisian (AKPOL) memang harus melewatkan banyak seleksi yang tidak mudah. Namun bukan berarti tidak mungkin untuk Anda dapat lolos seleksi tersebut. Maka dari itu, penting untuk Anda mempersiapkan diri Anda dengan tips-tips yang telah diulas di atas.

Leave a comment