Daftar 5 Negara Dengan Jumlah Polisi Terbanyak di Dunia

Idealnya rasio umum personel polisi di suatu negara adalah 1:450, atau sekitar 225 petugas polisi untuk setiap 100.000 warga sipil. Kendati memang tidak ada keharusan bagi suatu negara untuk mengikuti angka ideal tersebut. Namun memiliki jumlah personel polisi yang seimbang bertujuan agar tidak membebani layanan kepolisian atau membuat warga negara merasa kekurangan perlindungan. Namun terlepas dari berapa pun rasio perbandingannya, terkadang lebih banyak jumlah anggota polisi juga diperlukan di beberapa negara yang memiliki tingkat kejahatan yang sangat tinggi.

Nah, jika dilihat berdasarkan jumlah anggotanya, berikut ini merupakan daftar negara yang memiliki jumlah polisi terbanyak di dunia.

  1. India

India memiliki jumlah polisi terbanyak di dunia, yaitu 2.091.488 personel. Kendati demikian, jika dilihat berdasarkan rasionya, angka ini masih terbilang rendah mengingat banyaknya jumlah populasi di India. Untuk setiap 100.000 warga sipil, India hanya memiliki 152 petugas polisi saja. Pasukan kepolisian di India disebut dengan Indian Police Service yang tugasnya mencakup menjaga ketertiban, menegakkan hukum, dan mencegah tindak kejahatan.

  1. China

Sebagai negara dengan polisi terbanyak kedua di dunia, China memiliki jumlah polisi hingga 2.000.000 personel, dengan rasio 143 petugas untuk setiap 100.000 warga sipil. Lembaga kepolisian mereka disebut sebagai People’s Police. Berbagai peran penting People’s Police di antaranya adalah menjaga keamanan negara, memelihara ketertiban umum, melindungi keselamatan dan kebebasan pribadi warga sipil, dan mencegah kegiatan-kegiatan ilegal dan kriminal.

  1. Rusia

Rusia memiliki jumlah polisi sebanyak 756.859 personel, dengan rasio 516 petugas untuk setiap 100.000 warga sipil. Jika dilihat berdasarkan angkanya yang cukup tinggi, tentunya jumlah ini dianggap kurang efisien. Itu sebabnya Rusia dianggap sebagai negara yang memiliki terlalu banyak petugas polisi. Lembaga kepolisian Rusia disebut sebagai Police of Russia, dan umumnya mereka bertanggung jawab untuk mengoordinasikan dan melakukan penyelidikan kriminal serta kegiatan forensik.

  1. Amerika

Amerika memiliki sebanyak 686.665 personel polisi, dengan rasio perbandingan yang terbilang cukup ideal, yaitu 239 petugas untuk setiap 100.000 warga sipil. Sistem kepolisian di negara tersebut terbagi menjadi dua kategori, yaitu polisi federal dan polisi negara bagian. Polisi federal bertugas untuk menjalankan perintah federal dan memiliki otoritas di seluruh negeri, sementara polisi negara bagian dibentuk dan dioperasikan oleh masing-masing negara bagian dengan otoritas yang terbatas.

  1. Indonesia

Sebagai negara dengan populasi terbanyak keempat di dunia, tidak mengherankan jika Indonesia memiliki jumlah polisi terbanyak kelima. Yaitu 579.000 personel dengan rasio 222 petugas untuk setiap 100.000 warga sipil. Lembaga kepolisian Indonesia disebut sebagai Polri yang memiliki berbagai divisi, dengan beragam tugas utama yang mencakup menjaga keamanan dan ketertiban umum, menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan serta pelayanan kepada masyarakat.

Itulah daftar lima negara teratas yang memiliki jumlah personel polisi terbanyak di dunia, termasuk salah satunya adalah Indonesia. Namun menurut PBB tidak peduli berapa pun banyaknya, selama jumlah polisi memiliki rasio yang seimbang dengan tingkat populasi warga sipil. Serta mampu memenuhi tugasnya untuk menekan angka kriminalitas konevensional maupun digital. Maka sebuah negara sudah bisa dikatakan sebagai negara yang kondusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.