Tes Psikotes

Jika dilihat dari segi bahasa, psikotes berasal dari kata physico dan kata tes. Physico sendiri memiliki arti mental fisik yang dimiliki seseorang, sedangkan tes memiliki arti ujian. Jadi bisa diartikan kalau psikotes adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengukur potensi psikologi baik itu mental, sikap, kepribadian serta unsur lainnya dari setiap individu yang mengikuti tes tersebut.

Dalam penerimaan calon siswa akademi kepolisian, tes psikotes ini menjadi salah satu rangkaian tes yang dilakukan. Ini menjadi hal yang wajib untuk diikuti oleh semua calon siswa akademi kepolisian. Polri sendiri tentunya memiliki kriteria khusus dalam tes psikotes yang dibeikan. Maka dari itu materi psikotes polri ini adalah hal yang perlu dipelajari sebaik mungkin oleh para calon siswa yang akan mengikuti seleksi masuk polisi.

Mungkin anda bisa berlatih sendiri untuk persiapan tes fisik seleksi akademi kepolisian, tetapi untuk tes psikotes ini disarankan anda untuk mengikuti bimbel akpol yang sekarang bisa dengan mudah anda temukan. Hal ini dilakukan agar materi psikotes polri bisa dipelajari dengan baik. Sehingga kemungkinan anda untuk lulus tes ini semakin besar dan tentunya menambah peluang anda untuk lolos dalam seleksi masuk kepolisian.

Materi Psikotes Polri Yang Diajarkan Di Bimbel Akademi Kepolisian

Bimbel polri akan menjelaskan tentang tes psikotes, psikotes adalah tes untuk mengetahui sikap, kepribadian, penalaran, EQ, SQ dan IQ seseorang. Materi psikotes polri ini berbeda di tiap tingkatan baik AKPOL, SIPSS dan Brigadir maupun TAMTAMA.

Tes untuk AKPOL dan SIPSS materinya adalah:
1. Kecerdasan
2. Kepribadian
3. Tes Kepribadian Wawancara
4. Angka Koran (kreaplin test)

Untuk Brigadir dan Tamtama
1. Kecerdasan
2. Kepribadian
3. Ketelitian (Angka hilang/Huruf hilang/Simbol hilang)

Kisi-kisi diatas adalah materi psikotes polri yang akan anda pelajari di tempat bimbel akademi kepolisian. Materi yang diajarkan cukup bervariasi sebagaimana materi tes yang nantinya akan diberikan. Anda akan dibimbing oleh ahlinya untuk berlatih dan memahami tes ini, sehingga kemungkinan anda berhasil semakin besar.

1 Comment

  • Kn 20 February 2022

    Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published.