Cara Lulus Tes Kesamaptaan Jasmani dalam Seleksi Masuk POLRI

Untuk bisa LULUS menjadi anggota POLRI/POLISI memang tidak mudah. Dibutuhkan banyak sekali perjuangan yang harus ditempuh oleh setiap casis/calon siswa POLRI supaya bisa lulus sampai tes akhir yang sering dikenal dengan sebutan pantauhir/pantokir.

Namun, ada sebagian yang menganggap menjadi POLISI adalah mudah dan gampang. Tes polri berupa tahapan – tahapan seleksi yang harus dijalani oleh para calon anggota polri sebagai syarat kelulusan untuk menjadi anggota Kepolisian Republik Indonesia.

Tahapan tes polri ini menggunakan sistem gugur, dimana jika kalian tidak lolos dalam tahapan tes polri yang dilakukan, maka kalian akan dinyatakan gagal dan tidak bisa melanjutkan tes polri. Maka dari itu kalian harus bisa lulus di setiap tahapan tes polri ini.

Jika kalian mampu lulus dalam setiap tes polri yang diberikan, maka pada sidang terbuka kelulusan akhir (pantukhir), kalian akan dinyatakan lulus seleksi. Namun, jika kalian gagal meskipun hanya sekali pada tahapan tes polri tersebut, maka kalian akan dinyatakan gugur sebagai calon anggota Kepolisian Republik Indonesia.

Perlu kalian ketahui bahwa tidak ada yang mudah untuk dapat melewati setiap tes polri yang diberikan. Maka dari itu kalian harus benar-benar mempersiapkan diri sebaik mungkin agar keinginan kalian untuk dapat lulus tes polri ini terwujud.

Untuk bisa menjadi seorang Anggota Polri diperlukan latihan rutin yang hampir setiap hari sebelum tes Penerimaan Polri dibuka. Hal ini biasa dilakukan di tempat bimbingan belajar polri untuk memperbesar peluang Lulus dalam Tahapan Tes yang di ikuti.

Para calon siswa BRIGADIR, AKPOL dan SIPSS saatnya kalian mempersiapkan tes jasmani yang pasti akan kalian lewati dalam penerimaan polri tahun ini karena lawan kalian atau pesaing kalian juga sudah pasti mempersiapkan tes jasmani ini dengan mengikuti bimbel polri agar dapat nilai yang Tertinggi guna menyingkirkan lawan di seleksi Pantokhir. Tahapan seleksi tes jasmani meliputi Kesemaptaan A, Kesemaptaan B dan Renang; Lari 12 menit, Pull Up (Pria), Chinning (Wanita), Sit Up, Push Up, Shuttel Run, dan Pemeriksaan Anthropometrik. Berikut ini adalah penjelasan dan cara penilaian tes jasmani.

 

  1. Lari selama 12 menit

Semua orang lebih lebih pemuda-pemudi sehat tentu sering berlari akan tetapi seleksi berlari dalam penerimaan anggota Polri bukan berlari biasa melainkan berlari yang terukur baik waktu maupun jarak tempuhnya

Oleh karena itu calon harus sering berlatih latihan pertama yaitu lari selama 12 menit sebaiknya lakukan latihan ini dengan mengelilingi lapangan sepak bola yang berukuran standar 400 m untuk calon peserta pria setidaknya dapat mencapai 6 kali atau 2400 meter selama 12 menit, untuk calon wanita setidaknya mencapai 5 kali atau 2000 meter, lakukan Latihan lari ini secara rutin agar kemampuan dapat meningkat dari waktu ke waktu.

 

  1. Pull Up untuk pria dan Wanita Chinning untuk wanita

Pull Up untuk calon pria adalah gerakan yang diawali dengan bergantung pada tongkat horizontal kemudian menarik badan ke atas sampai dagu melewati tongkat itu dan kembali turun sampai tangan lurus.

Calon sebaiknya berlatih secara bertahap mula-mula melakukan gerakan secara benar Meskipun hanya sekali kemudian secara bertahap ditambah gerakan nya sesuai kemampuan selanjutnya berusahalah agar mampu melakukan 10 kali atau lebih dengan gerakan yang sempurna lebih baik sedikit demi sedikit tetapi sempurna daripada banyak tetapi gerakannya tidak sempurna.

Sebab gerakan pull up yang tidak sempurna tidak akan dihitung oleh petugas seleksi kesamaptaan jasmani untuk calon wanita lakukan chinning dengan berdiri di depan tongkat mendatar kaki tetap menginjak tanah kemudian tarik badan ke depan dan kembali ke belakang latihan ini minimal lakukan sebanyak 40 kali secara sempurna.

 

  1. Sit Up

Sit Up adalah gerakan yang sangat mengandalkan kekuatan otot perut tujuannya memang untuk memperkuat otot perut posisi tangan dianyam di belakang kepala pada saat terlentang ke belakang kedua siku tangan harus menyentuh lantai pada saat bangun upayakan sampai mencium lutut latihan ini dilakukan dengan hati-hati jangan sampai menimbulkan cedera pada otot perut karena pemaksaan lakukan gerakan ini minimal 35 kali untuk pria dan 30 kali untuk wanita gerakan dilakukan tidak lebih dari 1 menit

 

  1. Push Up

Push Up adalah Gerakan naik turun dengan bertumpu pada kedua tangan dan kaki untuk laki-laki bertumpu pada ujung kaki dan wanita bertumpu pada lutut saat turun badan tidak menyentuh tanah dan pada saat naik tangan kembali lurus lakukan gerakan secara sempurna karena hanya gerakan yang sempurna yang dihitung untuk calon laki-laki setidaknya 35 kali dan 30 kali untuk wanita seluruh gerakan dilakukan tidak lebih dari 1 menit

 

  1. Shuttle Run

Shuttle run adalah lari membentuk angka 8 di antara 2 buah tiang yang berjarak 10 m sebanyak tiga kali sampai Kembali ke tempat start semula tes ini untuk mengukur akselerasi dan kelincahan, tiap peserta upayakan waktu yang diperlukan tidak lebih dari 20 detik meskipun tampak muda calon peserta seleksi harus rajin berlatih pada awalnya mungkin calon memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan kegiatan sateran

Tetapi semakin sering berlatih tentu semakin cepat karena itu sebaiknya calon berlatih berulang-ulang sampai mampu melakukannya dalam waktu yang ditentukan

 

  1. Renang

Keterampilan berenang tidak dapat diperoleh secara instan Oleh karena itu calon peserta seleksi terutama yang belum dapat berenang harus memulai berlatih beberapa bulan sebelum pelaksanaan seleksi namun harus diingat bahwa berlatih berenang Sebaiknya tidak dilakukan sendirian ajaklah teman atau pelatih Mengapa untuk menjaga kemungkinan terjadinya kecelakaan atau tenggelam.

Jika berlatih sendiri berlatihlah di kolam yang dangkal mula-mula menyelam lah sampai seluruh tubuh benang berdiam lah disana beberapa saat sesuai kemampuan menahan nafas untuk menyesuaikan diri dan sekaligus untuk menghilangkan rasa takut lakukan berulang-ulang lama-lama badan akan mengambang setelah itu dapat dilanjutkan dengan gerakan gerakan tangan dan kaki untuk berenang

Jika sudah dapat berenang berlatihlah dengan gaya bebas atau gaya apa saja yang dikuasai berlatihlah seminggu sekali atau dua kali sampai mampu menempuh jarak 25 M berlatihlah dengan rutin dan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal

 

  1. Lunges

Lunges adalah gerakan kaki dengan membentuk segitiga dengan sisi 90% bergantian kaki kanan dan kiri dimulai dengan berfiri tegap dan kedua tangan diletakan di pinggang. Tes lunges ini adalah gerakan baru dalam Test Kesegaran Jasmani B, bagi prajurit TNI AD yang dilaksanakan selama 1 menit. Untuk memelihara kebugaran dan kesegaran tubuh, gerakan sederhana ini dapat dilakukan dapat dilakukan kapan saja, dan di mana saja.

Berlatihlah dengan rutin dan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal. Semua item diatas akan lebih baik bila Anda dapat melebihi batas jumlah yang sudah disebutkan. Tidak sedikit yang mengalami kegagalan dalam tes kesamaptaan karena tidak mengerti gerakan yang benar dan aturan yang harus dilaksanakan. Yang mengakibatkan jumlah poin yang seharusnya tinggi, justru tidak tercapai. Maka dari itu, bimbel polri TACTICAL IN POLICE akan membantu Anda dalam melaksanakan latihan dengan benar dan intensif.

Leave a comment