Tips Lulus Tes Masuk Akademi Kepolisian

Akademi Kepolisian atau AKPOL adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak Perwira Polri. Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri). Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan.

Menjadi calon taruna di Akademi Kepolisian (Akpol) itu gampang-gampang susah. Butuh persiapan matang. Tak hanya piawai menjawab soal, namun juga dihitung keterampilan fisik, kesamaptaan dan juga bagaimana menghadapi tes psikologi. Semua itu gampang-gampang susah. Tapi untuk bisa lolos semua itu dibutuhkan bekal yang matang. Tidak bisa instant. Pada beberapa kasus, seringkali calon taruna gagal di tahap awal.

Tak hanya itu, untuk menaikkan prosentase diterima sebagai Taruna, calon Taruna juga harus banyak latihan dan memahami persyaratan yang harus dipenuhi.

  1. Persiapan Mental

Untuk lulus suatu seleksi terutama AKPOL anda harus memiliki suatu mental atau kepribadian yang matang, dewasa, tenang. Latih diri anda menjadi pribadi yang diinginkan. Karena selain tes yang digunakan pada penerimaan AKPOL, ada juga pemeriksaan penelusuran mental kepribadian yang dilaksanakan secara terus memerus oleh fungsi Panimal sebagai pertimbagan dalam bentuk keluluasan.

  1. Berdoa dan restu orang tua

Apabila ingin mendaftar jangan lupa meminta restu kepada orang tua, selain merupakan profesi idaman anda, yakinkan diri anda bawa untuk masuk AKPOL adalah salah satu cara membahagiakan kedua orang tua anda. Selain itu silahkan kalian perbanyak doa kepada Sang Maha Pencipta supaya dimudahkan urusan kita.

  1. Siapkan persyaratan dengan lengkap

Pemeriksaan persyaratan atau dokumen pendaftaran dilakukan saat masih di tingkat daerah yaitu Polres & Polda selaku panbanrim. Jangan sampai anda gagal dalam seleksi berkas karena persyaratan masuk AKPOL yang tidak cukup. Dalam persyarataan ini sangatlah hati-hati. Apabila kalian melakukan kecurangan dengan memalsukan dokumen atau mencari sponsor agar lulus maka kalian akan didiskualifikasi.

  1. Tes psikologi / kejiwaan

Kamu akan menjalani tes psikologi, Untuk lulus pada tahap ini anda harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal psikotes baik yang bisa didapatkan di buku atau lebih baik berlatih mengerjakan soal-soal psikotes AKPOL tahun sebelumnya.karena materi psikotes tidak akan jauh berberda Kemampuan bekerjasama, leadership, lalu menangani dan mencari solusi persoalan akan dilihat. Untuk tes ini, psikolog ahli dari luar kepolisian dilibatkan. Peserta akan dipantau ketika dihadapkan pada suatu masalah. Mereka yang ingin menang sendiri, egois, anak mami, dan tak bisa mandiri akan sulit melewati tes ini.

  1. Periksa kesehatan

Untuk tes kesehatan lebih kepada kondisi jasmani calon Taruna. Setiap calon Taruna tidak boleh memiliki mata minus, buta warna, sakit berat seperti jantung dan lain-lainnya. Calon Taruna juga tidak boleh memiliki kaki bengkok, gagap dan ambeien. Terpenting calon Taruna memiliki tinggi badan lebih dari 165 cm.

  1. Persiapkan nilai akademik

Mempersiapkan nilai akademik sejak dini menjadi salah satu syarat yang harus dipatuhi calon taruna. Sejak SMA, sebaiknya para calon Taruna belajar dengan serius agar nilai akademik tinggi. Sebab, dalam seleksi masuk Akpol, akan diujikan tiga materi meliputi Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Masing-masing memiliki bobot yang berbeda. Matematika berbobot 30%, sedangkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris memiliki bobot 35%.

  1. Latihan fisik

Kamu mesti rajin berolahraga, latihan fisik ini sangat penting. Masuk akademi polisi atau akademi militer harus memiliki ketahanan fisik yang tinggi. Bayangkan saja, untuk masuk ke Akpol, setiap peserta harus mampu berlari 12 menit mengelilingi lapangan atletik. Bahkan setiap peserta juga harus berlari cepat (sprint) dengan waktu 16 detik dan akan dihitung sejauh mana jarak yang bisa ditempuh calon Taruna. Kemudian calon Taruna juga wajib bisa berenang sejauh 25 meter dan dihitung waktu yang ditempuh. Semakin cepat, peluang untuk diterima semakin besar. Tak hanya itu, calon Taruna juga harus siap untuk diuji fisik seperti pull up, push up dalam waktu 1 menit.

  1. Integritas

Dalam proses seleksi, integritas calon Taruna menjadi salah satu faktor bakal diterima atau tidak. Jangan coba-coba melakukan suap, KKN atau curang. Bahkan semua panitia seleksi, orangtua hingga calon Taruna disumpah untuk berlaku jujur. Tidak ada lagi KKN, atau suap menyuap dalam seleksi calon Taruna Akpol maupun Akmil

  1. Mengikuti Bimbel khusus untuk masuk AKPOL

Poin terakhir sangat penting bagi calon Taruna untuk membekali dirinya sebelum mendaftar Akademi Kepolisian maupun Akademi Militer. Bimbel polri biasanya mempersiapkan calon Taruna dengan beragam pelatihan mulai dari pelatihan fisik, akademik, tes psikologi, hingga kesamaptaan.

Bimbel khusus masuk akpol biasanya mempersiapkan calon Taruna yang hendak masuk Akpol, Akmil atau Dinas Kesamaptaan dengan memberikan bimbingan dan pelatihan yang komplit mulai dari akademik, psikologi, kesamaptaan dan rikkes.

Setiap siswa Bimbel Polri di Tactical In Police diberi bekal materi akademik untuk mempertajam siswa dalam pemahaman mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Bimbel Polri juga memberikan bekal latihan fisik bagi siswa. Ada fasilitas indoor yang disediakan Bimbel untuk menunjang kemampuan siswa dalam pull up, sit up, push up, tread mill dan latihan lain yang menunjuang kemampuan kesamaptaan.

Untuk menghadapi uji psikologi, biasanya di bimbel Polri juga dibekali latihan-latihan psikologi agar siswa bisa merasakan langsung tekanan, emosi dan kemampuan dalam menghadapi tekanan, emosi dan kemampuan lain agar lolos Psikologi. Sedangkan untuk tes kesehatan, biasanya di bimbel Polri mewajibkan siswa untuk ikut pemeriksaan kesehatan atau medical check up.

  1. Pahami Jadwal Pendaftaran

Apabila persyaratan pendaftaran sudah lengkap silahkan cari informasi mengenai jadwal pendaftaraan polisi. Silahkan lakukan pendaftaran sesuai jadwal pendaftaran yang telah dibuka apabila kalian melewati batas pendaftaran maka pendaftaran kalian tidak akan diproses.

  1. Cari Informasi di Laman Resmi Polri

Silahkan baca informasi mengenai pendaftaran Polri (Tamtama, Bintara, Akpol, Sipss) dilaman resmi kepolisian.  Jangan percaya dengan informasi-informasi yang belum tentu kebenarannya. Silahkan baca informasi dari situs resmi kepolisian baik tingkat pusat dan tingkat daerah.

Biasanya pendaftaran Polri diadakan secara serentak di seluruh Indonesia jadi tidak ada kemungkinan bocoran soal dari satu daerah ke daerah lain.

  1. Pahami Tata Cara Pendaftaran

Silahkan lakukan pendaftaran polri di laman resmi polri. Laman resmi polri hanya di https://penerimaan.polri.go.id/

Lakukan pendaftaraan sesuai dengan alur pendaftaran polri. Apabila kalian masih kesulitan dalam memahami pendaftaran polri silahkan datang di Polda/Polres setempat untuk mendapatkan data yang akurat.

  1. Lokasi Pendaftaran

Setelah melakukan pendaftaran secara online dan menyiapkan berkas-berkas persyaratan, selanjutnya menyerahkan semua berkas tersebut ke Polda atau Polres setempat untuk diverifikasi.

 

Demikianlah informasi tentang Tips Lulus Tes Masuk Akademi Kepolisian. Mudah-mudahan informasi yang telah admin tersebut dapat memberikan pencerahan atau tambahan informasi untuk anda.

Leave a comment