5 Tips Sukses Untuk Lolos Seleksi Penerimaan Polri

Tes Polri

Tingginya animo remaja Indonesia yang ingin mengikuti seleksi tes Polri, membuat persaingan tes jadi terasa lebih ketat dan sangat kompetitif. Karena itu, para kandidat berusaha berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai terbaik dengan berlatih dari jauh-jauh hari secara mandiri.

Bagi Anda yang juga tertarik untuk mengikuti seleksi penerimaan Polri, tentunya Anda tidak boleh kalah. Berikut beberapa tips sukses lolos seleksi tes Polri, yang mungkin bisa membantu Anda.

Jaga Kesehatan Tubuh

Sebanyak 30% nilai kelulusan dalam tes Polri diambil dari hasil atau nilai tes kesehatan calon pendaftar yang bersangkutan. Karenanya, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesahatan tubuh dan hindari aktivitas-aktivitas negatif seperti mandi tengah malam, begadang, minum alkohol, atau merokok. Sebab saat tes kesehatan, Anda akan menjalani pemeriksaan secara detail dan menyeluruh, mulai dari pemeriksaan tubuh bagian luar, tensi darah, amandel, gigi, varikokel, bentuk tubuh, dan lain-lain.

Bahkan sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan general check up, kira-kira enam bulan hingga satu tahun sebelum pelaksanaan rekrutmen. Tujuannya untuk mengantisipasi pengobatan atau perawatan gigi yang memakan waktu lama, agar Anda bisa mengoptimalkan kondisi kesehatan dengan baik.

Perisapan Akademis

Melakukan persiapan akademis bisa dilakukan dengan mempelajari mata pelajaran yang ada di sekolah dan mengerjakan latihan soal secara mandiri. Sebab, sebagian dari materi tes Polri pada tahapan tes akademik berasal dari materi pelajaran sekolah yang pernah dipelajari. Untuk melatih pengetahuan umum, Anda juga disarankan untuk banyak membaca buku dan menonton televisi serta mencari-cari informasi dari internet untuk memperkaya wawasan dan literasi.

Latihan Fisik

Salah satu syarat menjadi Polri adalah memiliki mental yang tangguh dan fisik yang kuat. Beberapa tes kesamaptaan jasmani dalam rekrutmen Polri di antaranya adalah lari, push up, sit up, shuttle run, renang, dan lain sebagainya. Walaupun nilai tes ini hanya diambil sebanyak 20% dari total nilai kelulusan, tapi Anda tidak akan dinyatakan lolos apabila tidak berhasil melewatinya. Karena beberapa kemampuan tersebut tidak bisa dilalui dengan proses yang instan, Anda harus membangun pola latihan yang tepat dalam jangka waktu yang panjang.

Berlatih Soal Psikologi

Fungsi tes psikotes dalam rekrutmen Polri adalah untuk memilih calon Polisi terbaik dari sekian banyak calon, sesuai kriteria jabatan maupun tugas yang kelak akan dilakukan. Jangan bermalas-malasan untuk mengerjakan soal-soal psikologi sesering dan sebanyak mungkin. Sebab pada umumnya, model psikotest ini relatif tidak berubah karena memang dibuat secara standar nasional. Meskipun pada saat tes psikotes Anda akan mendapatkan soal yang berbeda, namun dengan sering latihan Anda jadi bisa memahami pola dan karakter soal dengan baik.

Ikuti Program Bimbel Polri

Tips paling ampuh untuk lolos ujian Polri adalah dengan mengikuti program bimbel Polri. Dalam program tersebut, Anda akan langsung dibimbing dengan sistem belajar yang praktis dan aplikatif, belum lagi didukung oleh pelatih profesional dan terbaik di bidangnya. Anda juga akan diberikan prediksi soal psikotes yang akurat serta sarana dan prasarana yang memadai, sehingga bisa mendapatkan hasil optimal dengan nilai yang maksimal dalam menghadapi tes seleksi Polri.

Itu dia beberapa tips sukses untuk lolos selesksi penerimaan Polri yang bisa Anda lakukan. Namun di samping itu, jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta restu orang tua terlebih dahulu sebelum mengikuti pendaftaran.

Leave a comment