Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Ingin Masuk POLRI

Kepolisian Negara Republik Indonesia (disingkat Polri) adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Polri mempunyai moto Rastra Sewakotama yang artinya Abdi Utama bagi Nusa Bangsa. Polri mengemban tugas-tugas kepolisian di seluruh wilayah Indonesia yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat; menegakkan hukum; dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Kepolisian Republik Indonesia menawarkan banyak calon anggota baru baik dari tamtama, brigadir dan akpol, kebutuhan polisi semakin meningkat setiap tahunnya dengan adanya tingkat kebutuhan polisi yang banyak pensiun sehingga hal itu menjadi sebuah alasan bagi negara untuk menambah aparat untuk selalu waspada dan menjaga stabilitas dan keamanaan negara dengan menambah kuotanya setiap tahun.  Penerimaan polisi yang semakin lama semakin meningkat tersebut berlandasakan dengan karakter wilayah Indonesia yang luas, pertambahan penduduk dan perluasan wilayah di Indonesia. Sehingga dengan begitu Indonesia akan lebih maju kedepannya.

Dalam penerimaan polri, ada beberapa tahapan dan proses penyelenggaraan yang harus dilalui oleh calon anggota polri. Hal itu adalah salah satu unsur bagaimana manajemen seleksi dari kepolisian Indonesia diterapkan, dengan memilah-milah seorang calon, yang mana akan menjadi unsur dimana seorang polisi Indonesia akan selalu taat dengan aturan yang telah diberlakukan sebelumnya, Dengan kata lain hal itu harus dilaksanakan sebagai persyaran mencari anggota baru yang lebih berkompeten dari sebelumnya dengan menambah unsur dan kriteria baru dalam menyeleksi beberapa calon anggota barunya.

 

Berikut adalah hal yang harus dipersiapkan untuk tes masuk kepolisian:

Persiapan Administrasi 

Persiapan administrasi awal sangat penting seperti :

– Ijazah SMA, SMK, SMU, MA ( Fotokopi yang telah dilegalisir)
– Daftar nilai UAN
– SKCK dari Polres setempat
– Akte Kelahiran ( Fotokopi yang telah dilegalisir oleh DInas Kependudukan)
– Surat keterangan Sehat dari Puskesma, Rumah Sakit
– KTP Orang tua Wali ( melampirkan fotokopi yang telah dilegalisir oleh kecamatan setempat)
– Kartu Keluarga atau KK ( melampirkan fotokopi yang telah dilegalisir dari kecamatan setempat)
– Photo Berwarna ukuran 4X6 dengan jumlah foto 12 lembar
– Pas Foto setengah badan atau close up dengan ukuran 3 R sebanyak 3 Lembar
– Seluruh berkas tersebut dimasukkan ke dalam 6 lembar beberapa map yang terpisah dengan ketentuan sebagai berikut
– 1 map berisi dokumen asli dan 5 map berisi dokument fotokopi.

Dari semua itu pasti ada persyaratan yang telah disepakati bersama di kepolisian repubik Indonesia terkait dengan perbedaan antara Tamtama Polri dan Brigadir Polri, Dari situlah muncul bagaimana jalur penerimaaan pendaftaran ini dibuka, seperti yang sudah-sudah pada tahun lalu bahwa pendafataran polri dibuka untuk umum melalui pendaftaran online polri untuk semua jenjang hal itu dituntut sebagai upaya kepolisian untuk memudahkan para pendaftarnya melalui program online internet.

Tes kesehatan

Pada tahapan tes polri yang satu ini kalian akan di cek dari sisi kesehatan. Seorang taruna Akademi Polisi tidak boleh memiliki mata minus, buta warna, ataupun sakit berat. Selain itu seorang taruna Akademi Kepolisian juga tidak boleh ambeien, kaki bengkok, serta gagap.

Tinggi badan yang diperbolehkan adalah 165 cm untuk calon taruna Akademi Kepolisian pria dan 160 cm untuk calon taruna Akademi Kepolisian wanita.

Sebaiknya check up kesehatan awal kita terlebih dahulu, bisa dilakukan di RS Bhayangkara masing-masing. Cek kesehatan tahap awal terdiri dari fisik secara luar seperti bentuk kaki, THT, abeien, mata, dll. Sedangkan cek kesehatan kedua lebih pada organ dalam kita seperti Torak, cek darah, urine, jantung, dll.

Maka dari itu perlu dikiranya sebelum mengikuti seleksi, lebih awal kita melakukan cek kesehatan agar mengetahui kondisi fisik dan kesehatan calon peserta seleksi.

 Siapkan diri untuk menghadapi tes psikologi

Tahapan dalam tes polri yang tak kalah penting adalah tes psikologi. Pada tahapan tes polri ini kalian akan dites mengenai kemampuan bekerjasama, kepemimpinan, dan bagaimana cara menangani permasalahan serta solusi dari persoalan yang diberikan. Untuk persiapan psikologi dapat dilakukan dengan latihan soal-soal psikologi, pembahasan soal tes psikologi juga bisa kamu dapatkan jika mengikuti bimbel polri TACTICAL IN POLCE loh.. Lebih banyak persiapan maka lebih baik. contoh persiapan psikologi membeli sekitar 5 buku yang berbeda, dan itu sangat membantu saat menyelesaikan soal-soal tes psikologi.

Untuk tahapan tes polri ini, ahli psikologi dari luar kepolisian akan dilibatkan. Para peserta tes polri akan dipantau ketika dihadapkan pada suatu masalah. Para peserta yang memiliki sifat egois, manja, ingin menang sendiri, dan tidak bisa mandiri akan sulit untuk dapat melewati tahapan tes polri ini.

 Latihan fisik secara teratur

Selain mempersiapkan nilai akademik sebaik mungkin, latihan fisik teratur juga sangat penting untuk dapat lolos tes polri Akademi Kepolisian. Jasmani tak kalah penting dalam persiapan seleksi polisi. Dari persiapan Lari 12 menit, Sit Up, Push Up, Pull Up, Chinning Up (Untuk Perempuan) , Shuttle Run (Lari angka 8), dan renang 20 Meter. Latihan seluruh bentuk tes kesemaptaan Jasmani dapat dilatih secara progresif mulai dari repetisi kecil kemudian bertambah sesuai dengan kemampuan kita. Intinya Komitmen dalam melaksanakan latihan guys, ingat tujuan awal kita.

Sebagai gambaran, kalian akan menjalani tes polri dengan tes kemampuan berlari mengelilingi lapangan sepakbola dalam waktu kurang lebih selama 12 menit. Selain itu juga dilakukan tes renang dengan waktu dan jarak yang telah ditentukan, dan tes pull up, push up, sit up dalam waktu 1 menit. Kemudian ada tes lari cepat selama 16 detik, dalam rentan waktu 16 detik tersebut kalian akan dihitung  sejauh mana kalian dapat berlari.

 Persiapkan nilai akademik sebaik mungkin

Sejak awal masuk SMA / SMK sederajat kalian harus serius untuk belajar semaksimal mungkin guna memperoleh nilai yang maksimal. Nilai akademik ini nantinya akan berguna untuk bersaing dengan para calon taruna / taruni Akademi Kepolisian yang lainnya

Akademik secara umum akan dibagi menjadi 3 Tes, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum.

Persiapan akademik ini bisa kita lakukan seperti persiapan saat Ujian Nasional SMA, tak jauh beda soal-soalnya, pengetahuan umum kalau saya sendiri mengkaji bahwa soal pengetahuan umum ini terdiri dari Matematika, Sejarah, PKN, dan IPA. Jadi dapat dipersiapkan lebih awal mengenai pengetahuan umum dan tes akademik ini.

 Integritas

Hal ini merupakan salah satu hal yang terpenting dalam penentuan keputusan lulus atau tidaknya calon tatuna / taruni Akademi Kepolisian. Jangan pernah sesekali mencoba menyuap, KKN, dan berlaku curang. Semua panitia seleksi tes polri, orang tua, dan siswa disumpah untuk selalu berlaku jujur. Sekalinya ada yang mencoba bermain main curang maka calon taruna / taruni Akademi Kepolisian tersebut akan dicoret.

 

Nah, itulah beberapa tips mengenai hal yang harus dipersiapkan untuk tes polri Akademi Kepolisian. Jangan lupa, persiapkan diri kalian sebaik mungkin agar dapat melewati rangkaian tahap yang akan diberikan.

Leave a comment