Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Ingin Masuk POLRI

Masuk POLRI

Kepolisian Negara Republik Indonesia (disingkat Polri) adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Polri mempunyai moto Rastra Sewakotama yang artinya Abdi Utama bagi Nusa Bangsa. Polri mengemban tugas-tugas kepolisian di seluruh wilayah Indonesia yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat; menegakkan hukum; dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Kepolisian Republik Indonesia menawarkan banyak calon anggota baru untuk mengikuti tes masuk polri, baik dari tamtama, brigadir dan akpol. Kebutuhan polisi semakin meningkat setiap tahunnya, dengan adanya tingkat kebutuhan polisi yang banyak pensiun. Sehingga hal itu menjadi sebuah alasan bagi negara untuk menambah aparat. Untuk selalu waspada dan menjaga stabilitas dan keamanaan negara dengan menambah kuotanya setiap tahun. Penerimaan polisi yang semakin lama semakin meningkat tersebut berlandasakan dengan karakter wilayah Indonesia yang luas, pertambahan penduduk dan perluasan wilayah di Indonesia. Sehingga dengan begitu Indonesia akan lebih maju kedepannya.

Dalam penerimaan polri, ada beberapa tahapan dan proses penyelenggaraan yang harus dilalui oleh calon anggota polri. Hal itu adalah salah satu unsur bagaimana manajemen seleksi dari kepolisian Indonesia diterapkan, dengan memilah-milah seorang calon, yang mana akan menjadi unsur dimana seorang polisi Indonesia akan selalu taat dengan aturan yang telah diberlakukan sebelumnya. Dengan kata lain hal itu harus dilaksanakan sebagai persyaran mencari anggota baru yang lebih berkompeten dari sebelumnya dengan menambah unsur dan kriteria baru dalam tes masuk polri untuk calon anggota barunya.

Berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan dalam tes persiapan masuk polri :

Persiapan Administrasi 

Persiapan administrasi awal sangat penting seperti :

– Ijazah SMA, SMK, SMU, MA ( Fotokopi yang telah dilegalisir)
– Daftar nilai UAN
– SKCK dari Polres setempat
– Akte Kelahiran ( Fotokopi yang telah dilegalisir oleh DInas Kependudukan)
– Surat keterangan Sehat dari Puskesma, Rumah Sakit
– KTP Orang tua Wali ( melampirkan fotokopi yang telah dilegalisir oleh kecamatan setempat)
– Kartu Keluarga atau KK ( melampirkan fotokopi yang telah dilegalisir dari kecamatan setempat)
– Photo Berwarna ukuran 4X6 dengan jumlah foto 12 lembar
– Pas Foto setengah badan atau close up dengan ukuran 3 R sebanyak 3 Lembar
– Seluruh berkas tersebut dimasukkan ke dalam 6 lembar beberapa map yang terpisah dengan ketentuan sebagai berikut
– 1 map berisi dokumen asli dan 5 map berisi dokument fotokopi.

Dari semua persiapan masuk polri itu pasti ada persyaratan yang telah disepakati bersama di kepolisian repubik Indonesia terkait dengan perbedaan antara Tamtama Polri dan Brigadir Polri. Dari situlah muncul bagaimana jalur penerimaaan pendaftaran ini dibuka, seperti yang sudah-sudah pada tahun lalu bahwa pendaftaran polri dibuka untuk umum melalui pendaftaran online polri untuk semua jenjang hal itu dituntut sebagai upaya kepolisian untuk memudahkan para pendaftarnya melalui program online internet.

Tes kesehatan

Pada tahapan tes masuk polri yang satu ini kalian akan di cek dari sisi kesehatan. Seorang taruna Akademi Polisi tidak boleh memiliki mata minus, buta warna, ataupun sakit berat. Selain itu seorang taruna Akademi Kepolisian juga tidak boleh ambeien, kaki bengkok, serta gagap.

Tinggi badan yang diperbolehkan adalah 165 cm untuk calon taruna Akademi Kepolisian pria dan 160 cm untuk calon taruna Akademi Kepolisian wanita.

Sebaiknya check up kesehatan awal kita terlebih dahulu, bisa dilakukan di RS Bhayangkara masing-masing. Cek kesehatan tahap awal terdiri dari fisik secara luar seperti bentuk kaki, THT, abeien, mata, dll. Sedangkan cek kesehatan kedua lebih pada organ dalam kita seperti Torak, cek darah, urine, jantung, dll.

Maka dari itu perlu dikiranya sebelum mengikuti seleksi, lebih awal kita melakukan cek kesehatan agar mengetahui kondisi fisik dan kesehatan calon peserta seleksi.

Siapkan diri untuk menghadapi tes psikologi

Tahapan dalam tes polri yang tak kalah penting adalah tes psikologi. Pada tahapan tes polri ini kalian akan dites mengenai kemampuan bekerjasama, kepemimpinan, dan bagaimana cara menangani permasalahan serta solusi dari persoalan yang diberikan. Untuk persiapan psikologi dapat dilakukan dengan latihan soal-soal psikologi, pembahasan soal tes psikologi juga bisa kamu dapatkan jika mengikuti bimbel pelatihan polisi TACTICAL IN POLCE loh.. Lebih banyak persiapan maka lebih baik. contoh persiapan psikologi membeli sekitar 5 buku yang berbeda, dan itu sangat membantu saat menyelesaikan soal-soal tes psikologi.

Untuk tahapan tes polri ini, ahli psikologi dari luar kepolisian akan dilibatkan. Para peserta tes polri akan dipantau ketika dihadapkan pada suatu masalah. Para peserta yang memiliki sifat egois, manja, ingin menang sendiri, dan tidak bisa mandiri akan sulit untuk dapat melewati tahapan tes masuk polri ini.

Latihan fisik secara teratur

Untuk Persiapan tes polisi selanjutnya adalah tes fisik, selain mempersiapkan nilai akademik sebaik mungkin, latihan fisik teratur juga sangat penting untuk dapat lolos tes polri Akademi Kepolisian. Jasmani tak kalah penting dalam persiapan seleksi polisi. Dari persiapan Lari 12 menit, Sit Up, Push Up, Pull Up, Chinning Up (Untuk Perempuan) , Shuttle Run (Lari angka 8), dan renang 20 Meter. Latihan seluruh bentuk tes kesemaptaan Jasmani dapat dilatih secara progresif mulai dari repetisi kecil kemudian bertambah sesuai dengan kemampuan kita. Intinya Komitmen dalam melaksanakan latihan guys, ingat tujuan awal kita.

Sebagai gambaran, kalian akan menjalani tes polri dengan tes kemampuan berlari mengelilingi lapangan sepakbola dalam waktu kurang lebih selama 12 menit. Selain itu juga dilakukan tes renang dengan waktu dan jarak yang telah ditentukan, dan tes pull up, push up, sit up dalam waktu 1 menit. Kemudian ada tes lari cepat selama 16 detik, dalam rentan waktu 16 detik tersebut kalian akan dihitung  sejauh mana kalian dapat berlari. Tes fisik yang cukup ketat ini menjadi hal yang tidak bisa dihindari, oleh karena mengikuti bimbel pelatihan polisi adalah hal yang bisa anda pilih untuk menigkatkan kemampuan anda.

Persiapkan nilai akademik sebaik mungkin

Sejak awal masuk SMA / SMK sederajat kalian harus serius untuk belajar semaksimal mungkin guna memperoleh nilai yang maksimal. Nilai akademik ini nantinya akan berguna untuk bersaing dengan para calon taruna / taruni Akademi Kepolisian yang lainnya

Akademik secara umum akan dibagi menjadi 3 Tes, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Pengetahuan Umum.

Persiapan tes polisi untuk akademik ini bisa kita lakukan seperti persiapan saat Ujian Nasional SMA, tak jauh beda soal-soalnya, pengetahuan umum kalau saya sendiri mengkaji bahwa soal pengetahuan umum ini terdiri dari Matematika, Sejarah, PKN, dan IPA. Jadi dapat dipersiapkan lebih awal mengenai pengetahuan umum dan tes akademik ini.

Integritas

Hal ini merupakan salah satu hal yang terpenting dalam penentuan keputusan lulus atau tidaknya calon tatuna / taruni Akademi Kepolisian. Jangan pernah sesekali mencoba menyuap, KKN, dan berlaku curang. Semua panitia seleksi tes polri, orang tua, dan siswa disumpah untuk selalu berlaku jujur. Sekalinya ada yang mencoba bermain main curang maka calon taruna / taruni Akademi Kepolisian tersebut akan dicoret.

Nah, itulah beberapa tips mengenai persiapan Tes polisi yang harus diperhatikan. Jangan lupa, persiapkan diri kalian sebaik mungkin dan mengikuti pelatihan polisi yang baik agar dapat melewati rangkaian tahap yang akan diberikan. TACTICAL IN POLICE sebagai salah satu tempat bimbel polri siap membantu anda mewujudkan mimpi untuk bergabung bersama Kepolisian Indonesia. Kami akan melatih & membimbing anda agar melakukan persiapan secara maksimal dan tentunya ini memperbesar peluang anda untuk lulus ujian seleksi masuk polri

57 Comments

  • Dzikri 10 February 2021

    Bismilah masa depan.:)

    • tacticalinpolice 17 February 2021

      Semangat ya kak Dzikri. Semoga informasinya bermanfaat!

      • AHMAD GUNAWAN 7 August 2021

        Udh mau 2022 persiapan belum ada ya Allah gini amat dah 🙁

      • Tunas samosir 14 September 2021

        Semoga tercapai ingin dan cita citaku menjadi seorang dari polri dan membahagiakan kedua orangtuaku yang sudah menua dan membuat mereka bangga dengan anaknya
        S.samosir.f.sihombing i love you mam and dad

      • Alma Naftalia 9 November 2021

        Semoga cita” ku tercapai, aminn Puji Tuhan..

      • Tresya 22 March 2022

        Dalam nama Tuhan Yesus semoga tercapai cita cita saya menjadi polwan

    • Ulfah 1 June 2021

      Bismillah bisa:)

    • Zaldan 27 June 2021

      Bissmilah Berawal Dari Keluarga Yg Berkecukupan bisa menjadi Akpol,Brimod,Polisi

    • Agung 7 November 2021

      Bismillah

    • Rahman 20 January 2022

      Mau nnya..renang itu wajib kah?..klo tidak bisa berenang tpi Tess yg lain lulus itu gimana?..

  • annisaa 30 April 2021

    bissmillah bahagiain ibu sama ayah🤲🤲🤲

  • Eka Prasetyo Manurung 6 May 2021

    mantap

  • Ardya farezab 16 May 2021

    bismillah lancar catar 2022

  • Karel 19 May 2021

    Semoga mimpi ini bisa menjadi nyata!!

  • Muh bilal 22 May 2021

    Semoga cita-cita saya bisa tercapai dan Bisa meringankan beban orang tua saya aminn:)

  • Dede Sunarti 27 June 2021

    Apa bisa Background Smk jurusan Teknik mesin bisa jadi Bintara Polwan?

  • Najla Salsabila 27 June 2021

    Terimakasih infonya

  • Ivan 29 June 2021

    Bismillah dengan usaha dan doa dari orang tua

  • akbar 1 July 2021

    ku hernia kak,frustasi ga lolos:)

  • Adinda 8 July 2021

    Permisi mau tanya kalo ga bisa renang bisa ga masuk polri🙏

  • Maylani wulandari 9 July 2021

    Semoga 2023 bisa terwujud

  • Putri Ayu 17 July 2021

    Bismilah bisa 🙂

  • Siti nurdiyati 24 July 2021

    Semoga aja thn depan putra ku lulus dan menggantikan alm papa nya menjadi seorang abbdi negara aamiin Allahuma aamiin 🤲

  • Syahrul putra rinaldi 25 July 2021

    Bismilahh ya allah

  • Adlan soregar 26 July 2021

    Bismillah pengen nge bahagian emak🤧

  • Hafith ryan maulana 5 August 2021

    Semoga bisa lewat mudah mudahan tahun depan amin ya allah

  • Hann 6 August 2021

    Bismillah tahun depan bisa ikut pelatihan polri

  • Rani Purwasi 12 August 2021

    Saya ada lecet di kaki bekas kecelakaan apakah bisa jdi polwan?

  • Maruli Silalahi 14 August 2021

    Mudah mudahan berhasil:)

  • Fahrurazi 24 August 2021

    Ya Allah semoga tahun ini saya bisa jadi Bintara polri amni

  • Arifin 29 August 2021

    semoga TUHAN memberkati saya jika saya melamar,mohon doa nya teman-teman

  • Anita Putri 1 September 2021

    Bismillahirrahmanirrahim.. Pasti bisa. Semangatt!

  • Mardian 2 September 2021

    Do’akan saya semoga bisa tercapai dengan lancar dan baik: )

  • Hildan Fauzan 5 September 2021

    Bismillah Bisa Tahun 2020

  • Irfan fauzi 6 September 2021

    Bismillahirrahmanirrahim

  • riansyah 15 September 2021

    Bismillah

  • Sinta Nur Rahma 17 September 2021

    Bismillahirrahmanirrahim 2023🙂☺️

  • Sella 19 September 2021

    Msh 3 thn lagi si tapi mudah”ham bisa keterima di 3 thn ke dpn amin

  • Shirley Amanda 27 September 2021

    Bismillah semoga tercapai

  • Hendra saputra 24 October 2021

    Dalam nama Tuhan yesus 2022 polri

  • Zalfa faudziah 10 November 2021

    Bismillah semoga tercapai di masa depan aamiin

  • Rafi 16 November 2021

    Bismillahirrahmanirrahim, semua.. doakan aku jadi pengabdi negara yang baik dan kuat semoga Allah, mengabulkan apa yang aku minta dan di inginkan sejak dulu Ammin

  • adyaksa Putra 16 November 2021

    bismillah yaallahhhh citaa citaa

  • Mickel 5 January 2022

    Bismillah, bisa!

  • Veny 11 January 2022

    Semangat buat masa depan

  • Sumi 27 January 2022

    Bismillah tahun ini bisa lolos😌

  • zacky 6 February 2022

    saya kls 10 ips sma,apakah bakat perlu untuk masuk polisi?

  • Nasrul Saepudin 14 February 2022

    Bismilah masa depan y Allah smoga kelak nanti saya bisa mencapai cita² saya aminn ..🙏

  • Mellycha Ayu 27 February 2022

    Bismillah tahun ini

  • JOSUA PATRIA GULTOM 4 March 2022

    SEMOGA BISA MEMBANGGAKAN KEDUA ORANG TUA SAYANG, DAN MENUTUP MULUT YANG MERENDAHKAN KELUARGA SAYA, DALAM NAMA TUHAN YESUS AMIN🙏 -4-03-2022

  • Dharma Bhakti chandra 8 March 2022

    Saya ahli dalam penggunaan senjata api

  • Muh arjuna 14 March 2022

    Bismillah bisa untuk masa depan dan untuk membanggakan orang tua amin🤲

  • Julia Mardan 16 March 2022

    Apakah bekas jahitan di bibir dan di testa bisa hilang dan bisa tes polwan,mkasi

  • iyan 16 March 2022

    bismillah banggakan orang tua

  • Rifanli 17 March 2022

    Sangat bermanfaat🙏

  • fadilah 28 March 2022

    bismillah yaAllah

  • Niluhayu 31 March 2022

    Kapan pembukaannya kak?

Leave a Reply

Your email address will not be published.