Syarat Kesehatan Gigi yang Wajib Diperhatikan Agar Lulus Masuk POLRI

Syarat kesehatan gigi masuk Polisi menjadi salah satu point penting dalam penilaian prasyarat kesehatan jasmani dan rohani. Polisi merupakan pekerjaan berat yang membutuhkan kesiapan kesehatan fisik dan mental setiap harinya bahkan hingga hal terkecil seperti kesehatan gigi. Hal ini tentu saja diperlukan untuk memastikan keselamatan orang lain ketika sedang bekerja terutama keselamatan diri sendiri. Berikut merupakan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan terkait prasyarat kesehatan gigi sebelum mendaftar sebagai calon polisi.

Tes kesehatan gigi polisi dan TNI memang diadakan sangat ketat. Tes ini merupakan salah satu syarat untuk bergabung bersama Tentara Nasional Indonesia atau TNI dan juga polisi. Namun bukan hanya tes fisik yang akan dilakukan, melainkan juga tes kejiwaan. Ketatnya tes masuk polisi ini dengan tujuan agar yang dipilih merupakan calon tentara dan polisi yang baik dan unggul untuk menjaga serta membela tanah air.

Tes kesehatan tentara dan polisi ini dilakukan dari ujung rambut sampai ke ujung kaki. Tak jarang sebagian besar calon polisi dan tentara yang mendaftar harus gugur karena tes kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk Kamu yang akan mendaftar sebagai tentara atau polisi mengetahui syarat kesehatan yang diwajibkan. Kebugaran tubuh juga merupakan syarat mutlak untuk bisa bergabung bersama TNI dan polisi.

Apa Saja Kriteria Syarat Gigi Masuk Polisi?
Tentu saja, gigi yang sehat menjadi syarat penting agar bisa lolos tes kesehatan untuk mendaftar sebagai polisi.Terdapat 2 tahapan tes kesehatan yang perlu Anda lalui meliputi tes kesehatan pertama meliputi tes bagian luar tubuh dan tes kesehatan kedua meliputi pemeriksaan foto Toraks, elektrokardiografi, laboratorium, dan jiwa. Pemeriksaan kesehatan gigi termasuk pada tahapan pertama. Secara umum, kriteria gigi yang sehat untuk bisa lolos tes Polisi dan Polwan, meliputi:
• Gigi berada dalam keadaan rapi sempurna atau utuh termasuk jaringannya
• Gigi tidak goyang atau tanggal
• Gigi tidak berlubang, terdapat plak dan karies atau karang gigi
• Warna gigi putih kekuningan
• Gusi berwarna merah muda, melekat erat pada tulang, tidak sakit, dan tidak mudah berdarah

Kriteria Gigi yang Menjadi Poin Minus
Terdapat beberapa kondisi gigi yang memberikan point minus pada keseluruhan point kelulusan tes. Syarat gigi masuk polisi seharusnya tidak terdapat gigi geligi yang berjejal atau tumpang tindih, gigi depan tidak tonggos atau terlalu maju, atau satu atau banyak gigi sudah dicabut atau hilang karena bolong. Oleh karena itu, solusi untuk gigi yang tidak rata, maka calon pendaftar sebaiknya disarankan menggunakan kawat gigi terlebih dahulu jauh sebelum pendaftaran.Tetapi pastikan bahwa ketika Anda mendaftar, kawat gigi telah dilepas.

Selain itu, gigi yang berlubang pun dapat mengurangi nilai bagi calon pendaftar khususnya untuk menjadi anggota militer seperti polisi.Menurut berbagai jurnal internasional, gigi berlubang dapat berkontribusi besar pada sakit kepala yang dapat mengganggu aktivitas pekerjaan.Maka dari itu, segera lakukan diagnosa, perawatan serta penambalan apabila gigi Anda sudah terlanjur berlubang.

Bagaimana Jika Gigi Rusak dan Diganti dengan Gigi Palsu?
Beberapa orang mungkin pernah mengalami gigi tanggal karena kecelakaan atau sudah rusak secara alami, sehingga mau tidak mau mereka harus menggantinya dengan gigi implan atau palsu.Menurut Drg. Martha Mozartha, M.Si, syarat gigi masuk polisi haruslah dalam kondisi sehat dan baik.Akan tetapi, apabila calon pendaftar mengalami kerusakan gigi sehingga membutuhkan penambalan atau pemasangan gigi tiruan, maka disarankan gigi yang mati tersebut dirawat terlebih dahulu melalui tindakan perawatan saluran akar. Setelah tindakan perawatan, maka gigi akan diperbaiki hingga menyerupai gigi semula atau asli.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi
Menjaga kesehatan gigi sangatlah penting untuk Kamu yang akan bergabung bersama tentara atau polisi. Menggosok gigi setiap hari pun belum tentu efektif jika tekniknya kurang tepat. Setelah mengetahui mengenai tes kesehatan gigi polisi dan TNI, berikut TACTICAL IN POLICE berikan beberapa point yang dapat Kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi.

1. Jangan terlalu sering menggosok gigi
Menggosok gigi merupakan rutinitas yang wajib Kamu lakukan. Namun jangan terlalu sering menggosok gigi, karena menggosok gigi lebih dari 3 kali akan membahayakan gusi, lakukanlah 2 sampai 3 kali sehari setidaknya pagi setelah makan dan malam sebelum tidur.

2. Jangan terlalu kuat dan terburu-buru
Menggosok gigi terlalu kencang akan menyebabkan risiko gigi dan gusi akan rusak. Untuk mengatur petgerakan sikat dengan baik, peganglah sikat sepeti sedang memegang pensil. Berilah waktu 30 detik untuk menyikat bersih.

3. Sikat lidah dan sisi dalam pipi
Bakteri dalam mulut tidak hanya terdapat pada gigi saja, tetapi juga pada lidah dan sisi kanan dan kiri pipi. Sikatlah pada bagian ini guna mencegah bau mulut yang tidak segar. Kamu juga bisa menggunakan alat khusus untuk membersihkan lidah.

4. Periksa gigi setiap 6 bulan
Agar lulus tes kesehatan gigi, Pria maupun wanita pentingnya melakukan pemeriksaan gigi atau medical check up gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali. Hal ini, bertujuan untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi serta memeriksa kondisi gigi secara keseluruhan.
Percayakan pemeriksaan gigi oleh ahlinya agar dapat mendeteksi dan mengobati berbagai gangguan gigi, misal hasil pemeriksaan sementara ternyata terdapat gigi berlubang (karies), kerang gigi dan gigi tidak rata kemungkinan besar sobat gugur di tes kesehatan gigi.
Karena saat tes kesehatan gigi masuk polisi, ada beberapa hal yang akan dinilai. Penilaian penampilan gigi dan kenyamanan gigi seseorang seperti gigi berlubang, karang gigi, kerusakan gigi, susunan gigi rapi atau tidak (tongos) dan jumlah gigi (ompong)

5. Membersihkan karang gigi
Yang terakhir sebelum mendaftar polisi, tips agar lolos tes kesehatan gigi adalah harus memperhatikan kebersihan karang gigi. Harus dibersihkan terlebih dahulu minimal 1 bulan sebelum tes kesehatan. Kalkulus atau karang gigi merupakan kondisi plak (noda) yang menumpuk di sela-sela gigi dari sisa-sisa makanan kemudian mengeras hal ini menyebabkan gigi berwarna kuning.

Tidak hanya itu plak gigi merugikan kesehatan gigi, karena menjadi tempat berkembangnya bakteri yang dapat merusak gigi dan bau mulut. Jika tidak dibersihkan gigi berpotensi rusak dan berlubang lebih besar.

Cara membersihkan plak gigi bisa dengan cara alami misal sikat gigi secara teratur 2x sehari pagi dan sebelum tidur. Namun, jika plak gigi sudah mengeras dan sulit untuk di bersihkan maka harus membutuhkan bantuan dokter gigi. Segeralah ke dokter gigi untuk tindakan lebih lanjut sebelum tes polisi berjalan.

Jika Anda telah memantapkan niat untuk mendaftar sebagai polisi, pastikan sejak dini lakukan perawatan kesehatan gigi Anda setiap harinya. Perawatan sejak dini sangat membantu Anda untuk tidak perlu khawatir lagi mengenai syarat gigi masuk polisi ketika melakukan pengecekan kesehatan kedepannya.

Leave a comment