Tips Melewati Tes Kesehatan AKPOL

Alasan panitia seleksi bidang kesehatan menggugurkan peserta-peserta yang gagal dalam seleksi kesehatan, Tentu saja tidak diikutkan seleksi tahap berikutnya. Nah, agar dapat mengikuti seleksi tahap berikutnya peserta harus berusaha mempersiapkan diri untuk meningkatkan kualitas kesehatannya.

 

Ini Tips Melewati Tes Kesehatan AKPOL sebagai berikut :

Pertama

Masalah kesehatan ada yang kasat mata ada yang tidak hanya dokter ahli di bidangnya yang mengetahui kualitas kesehatan seseorang secara keseluruhan, Oleh karena itu jauh hari sebelum pendaftaran kira-kira 6 bulan hingga 1 tahun calon peserta seleksi sebaiknya melakukan general check up di rumah sakit polisi atau rumah sakit tentara terdekat, tujuannya untuk mengetahui kondisi tubuh secara lengkap, jika terdapat kekurangan atau menderita suatu penyakit dapat segera diatasi.

Misalnya dalam general check up untuk diketahui bahwa calon menderita sakit amandel, penyakit itu dapat disembuhkan dengan operasi ringan sebelum pelaksanaan seleksi kesehatan, jika tidak melakukan General check up calon tentu dinyatakan tidak lulus karena menderita sakit amandel.

Kedua

Untuk menghadapi pemeriksaan darah laboratorium sebaiknya calon minum air putih sebanyak-banyaknya sebaiknya calon juga sering minum jus buah makan sayur-sayuran dan buah-buahan.

Agar tekanan darah ideal calon peserta sebaiknya beristirahat cukup disarankan calon tidak begadang dan melakukan kegiatan yang terlalu berat, begadang dan melakukan kegiatan berat dapat mempengaruhi tekanan darah menjadi kurang ideal.

Ketiga

Sebelum menjalani pemeriksaan urine sebaiknya calon minum air putih yang banyak minuman bersuplemen dan minuman keras harus dihindari, demikian pula minum obat-obatan dan multivitamin yang tidak diperlukan calon harus berusaha tidak mengkonsumsi obat-obatan jenis apapun minimal 4 hari sebelum jadwal pemeriksaan kesehatan.

Keempat

Agar paru-parunya baik calon peserta seleksi harus berhenti merokok, sebaiknya calon sering menghirup udara segar di pagi hari udara pagi yang paling baik untuk paru-paru adalah udara pagi di pantai. khusus calon yang pernah menjadi perokok aktif tiap hari berturut-turut selama 4 hari sebelum pemeriksaan.

sebaiknya minum minuman bersoda, Mengapa? minuman bersoda itu akan membersihkan paru-paru sehingga akan terlihat bersih saat di rontgen. Selain minuman bersoda calon dapat menggantinya dengan air kelapa hijau muda jika ada air kelapa Wulung lebih baik.

Kelima

Untuk menjaga kesehatan telinga sebaiknya calon tidak membiasakan mengorek telinga dengan cotton bud. jika terasa gatal atau terasa ada kotoran didalam telinga sebaiknya pergi ke dokter THT dan minta dibersihkan. menggunakan katenbat yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi pada kulit dalam telinga atau bahkan dapat merusak gendang telinga, sebenarnya kotoran dalam telinga tidak membahayakan bahkan berguna untuk melindungi lobang telinga dari gangguan serangga, di kulit dalam telinga terdapat bulu-bulu halus yang bergerak mengeluarkan kotoran dengan demikian sebenarnya lobang telinga terjaga kebersihannya secara alami.

Keenam

Untuk kesehatan mata sebaiknya calon banyak makan buah-buahan yang mengandung vitamin A, seperti wortel. sebaiknya calon tidak terlalu berlebihan berada di depan layar TV atau monitor komputer. ketika sedang membaca jarak pandang harus dijaga sebaik nya tidak membaca sambil tiduran. jika merasa ada gangguan atau sakit sebaiknya segera pergi ke dokter mata di periksa dan diminta diobati.

Ketujuh

Untuk menghadapi seleksi kesehatan secara umum dapat dikatakan bahwa calon harus menjalani pola hidup sehat rokok alkohol dan narkoba harus dihindari, biasakan makan makanan 4 sehat 5 sempurna. Minumlah susu rendah lemak dan jauhi Susu full cream Hindari makanan berlemak minimal dua minggu menjelang seleksi kesehatan.

Kedelapan

Anggota Polri banyak melakukan kegiatan yang membutuhkan fisik yang Prima dengan demikian hanya calon yang memiliki kemampuan fisik Baguslah yang bisa lulus menjadi anggota Polri tetapi calon tidak perlu kuatir kemampuan fisik bukan bawaan lahir kemampuan itu bisa diperoleh dengan cara berlatih

Akan tetapi harus disadari bahwa latihan yang dilakukan bukan sekedar latihan-latihan itu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan benar sesuai dengan jenis seleksi yang akan dihadapi hanya latihan yang rutin dan sungguh-sungguh sajalah yang dapat menghasilkan kesamaptaan jasmani yang prima

 

Berikut ini disampaikan jenis seleksi kesamaptaan jasmani dan standar penilaiannya calon peserta seleksi dan akan lebih baik jika dapat melebihi batas jumlah yang disebutkan dalam standar penilaian

  1. Lari selama 12 menit

Semua orang lebih lebih pemuda-pemudi sehat tentu sering berlari akan tetapi seleksi berlari dalam penerimaan anggota Polri bukan berlari biasa melainkan berlari yang terukur baik waktu maupun jarak tempuhnya

Oleh karena itu calon harus sering berlatih latihan pertama yaitu lari selama 12 menit sebaiknya lakukan latihan ini dengan mengelilingi lapangan sepak bola yang berukuran standar 400 m untuk calon peserta pria setidaknya dapat mencapai 6 kali atau 2400 meter selama 12 menit, untuk calon wanita setidaknya mencapai 5 kali atau 2000 meter, lakukan Latihan lari ini secara rutin agar kemampuan dapat meningkat dari waktu ke waktu.

  1.   Pull Up untuk pria dan Wanita Chinning untuk wanita

Pull Up untuk calon pria adalah gerakan yang diawali dengan bergantung pada tongkat horizontal kemudian menarik badan ke atas sampai dagu melewati tongkat itu dan kembali turun sampai tangan lurus.

Calon sebaiknya berlatih secara bertahap mula-mula melakukan gerakan secara benar Meskipun hanya sekali kemudian secara bertahap ditambah gerakan nya sesuai kemampuan selanjutnya berusahalah agar mampu melakukan 10 kali atau lebih dengan gerakan yang sempurna lebih baik sedikit demi sedikit tetapi sempurna daripada banyak tetapi gerakannya tidak sempurna.

Sebab gerakan pull up yang tidak sempurna tidak akan dihitung oleh petugas seleksi kesamaptaan jasmani untuk calon wanita lakukan chinning dengan berdiri di depan tongkat mendatar kaki tetap menginjak tanah kemudian tarik badan ke depan dan kembali ke belakang latihan ini minimal lakukan sebanyak 40 kali secara sempurna.

  1. Sit Up

Sit Up adalah gerakan yang sangat mengandalkan kekuatan otot perut tujuannya memang untuk memperkuat otot perut posisi tangan dianyam di belakang kepala pada saat terlentang ke belakang kedua siku tangan harus menyentuh lantai pada saat bangun upayakan sampai mencium lutut latihan ini dilakukan dengan hati-hati jangan sampai menimbulkan cedera pada otot perut karena pemaksaan lakukan gerakan ini minimal 35 kali untuk pria dan 30 kali untuk wanita gerakan dilakukan tidak lebih dari 1 menit

  1. Push Up

Push Up adalah Gerakan naik turun dengan bertumpu pada kedua tangan dan kaki untuk laki-laki bertumpu pada ujung kaki dan wanita bertumpu pada lutut saat turun badan tidak menyentuh tanah dan pada saat naik tangan kembali lurus lakukan gerakan secara sempurna karena hanya gerakan yang sempurna yang dihitung untuk calon laki-laki setidaknya 35 kali dan 30 kali untuk wanita seluruh gerakan dilakukan tidak lebih dari 1 menit

  1. Shuttle Run

Shuttle run adalah lari membentuk angka 8 di antara 2 buah tiang yang berjarak 10 m sebanyak tiga kali sampai Kembali ke tempat start semula tes ini untuk mengukur akselerasi dan kelincahan, tiap peserta upayakan waktu yang diperlukan tidak lebih dari 20 detik meskipun tampak muda calon peserta seleksi harus rajin berlatih pada awalnya mungkin calon memerlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan kegiatan sateran

Tetapi semakin sering berlatih tentu semakin cepat karena itu sebaiknya calon berlatih berulang-ulang sampai mampu melakukannya dalam waktu yang ditentukan

  1. Renang

Keterampilan berenang tidak dapat diperoleh secara instan Oleh karena itu calon peserta seleksi terutama yang belum dapat berenang harus memulai berlatih beberapa bulan sebelum pelaksanaan seleksi namun harus diingat bahwa berlatih berenang Sebaiknya tidak dilakukan sendirian ajaklah teman atau pelatih Mengapa untuk menjaga kemungkinan terjadinya kecelakaan atau tenggelam.

Jika berlatih sendiri berlatihlah di kolam yang dangkal mula-mula menyelam lah sampai seluruh tubuh benang berdiam lah disana beberapa saat sesuai kemampuan menahan nafas untuk menyesuaikan diri dan sekaligus untuk menghilangkan rasa takut lakukan berulang-ulang lama-lama badan akan mengambang setelah itu dapat dilanjutkan dengan gerakan gerakan tangan dan kaki untuk berenang

Jika sudah dapat berenang berlatihlah dengan gaya bebas atau gaya apa saja yang dikuasai berlatihlah seminggu sekali atau dua kali sampai mampu menempuh jarak 25 M berlatihlah dengan rutin dan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang maksimal

 

Terakhir

Kurangi makan makanan pedas dan minum es, tidur minimal 8 jam sehari menjelang seleksi kesehatan. pastikan tubuh benar-benar dalam kondisi segar dan rileks hadapi semua kegiatan seleksi dengan ceria jangan tegang dan takut, berdoalah agar semua lancar dan lulus seleksi.

 

Leave a comment